Semarang, 17 Agustus 2022 – Politeknik Pekerjaan Umum melaksanakan Upacara Bendera Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 tahun 2022. Upacara diselenggarakan di Lapangan Terbuka depan Gedung Administrasi Politeknik Pekerjaan Umum Semarang. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Direktur Politeknik Pekerjaan Umum, Indratmo Soekarno dan Komandan Upacara yaitu FX. Hermawan Kusumartono, selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Umum.

Dalam amanat yang disampaikan oleh Direktur Politeknik Pekerjaan Umum, dibacakan Pesan Kemerdekaan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia di Lingkungan Kementerian PUPR. Tema Peringatan HUT RI ke-77 yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, bangsa Indonesia mampu menghadapi Pandemi dan krisis global di tengah tantangan yang berat, dengan mempertahankan momentum pemulihan ekonomi dan tumbuh positif secara merata melalui pembangunan infastruktur yang terus berjalan di tengah pandemi. Selain itu ditekankan bahwa Indonesia tidak pernah lagi mengimpor beras dan memperoleh penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) karena dinilai mampu mencapai sistem ketahanan pangan dan swasembada beras sejak tahun 2019.

Untuk tahun 2023, terdapat 5 Agenda Besar Pembangunan untuk Indonesia yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan, yakni: (1) hilirisasi dan industrialisasi sumberdaya alam, (2) optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau, (3) perlindungan hukum, sosial, politik, termasuk pemberantasan korupsi, (4) pengembangan UMKM, dan (5) menjaga keberlanjutan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selain itu, diingatkan kembali komitmen untuk menggunakan Produk Dalam Negeri (PDN) dalam pembangunan infrastruktur sesuai target yakni diatas 90% untuk tahun 2022 ini dan tahun 2023 yang akan datang. Pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara akan dimulai dalam waktu dekat, diharapkan agar seluruh insan PUPR dapat fokus menyelesaikan perencanaan yang terintegrasi, pelaksanaan dan pengawasan yang ketat, sehingga menghasilkan infrastruktur dan bangunan yang berkualitas, serta dengan tetap menjaga keharmonisan dengan lingkungan dan alamnya.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono berpesan agar seluruh insan PUPR menjaga amanah dan kepercayaan dengan programming yang solid dan tata kelola pelaksanaan anggaran yang prudent. Ditegaskan juga bahwa tidak ada pembangunan baru kecuali atas perintah dan direktif Presiden, serta pentingnya program OPOR (Operasi, Pemeliharaan, Optimalisasi dan Rehabilitasi) untuk memastikan setiap 6 infrastruktur yang telah kita bangun dapat memberikan manfaat untuk rakyat. Pada akhir amanat, diharapkan agar insan PUPR dapat menanamkan karakter kuat, berani dan berjiwa seni serta memiliki Fighting spirit atau jiwa petarung yang tidak mudah menyerah menghadapi tantangan. Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 ini diikuti oleh Pejabat Senat, Pegawai PNS dan Non PNS, Seluruh Mahasiswa Angkatan 2022, serta Perwakilan Mahasiswa Angkatan 2019, 2020, dan 2021 Politeknik Pekerjaan Umum.