Semarang, 26 Agustus 2021 – Politeknik Pekerjaan Umum terus berupaya untuk membangun SDM konstruksi untuk mengisi kekosongan kebutuhan akan tenaga kerja konstruksi yang kompeten. Untuk mendukung hal tersebut, Politeknik Pekerjaan Umum telah menerima 156 mahasiswa baru Tahun Akademik 2021/2022.

Dalam sambutan yang disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono secara virtual pada Sidang Terbuka Senat dengan Acara Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Pekerjaan Umum Tahun Akademik 2021/2022 berpesan agar mahasiswa baru harus disiplin dalam belajar sehingga dapat lulus menjadi tenaga konstruksi yang kompeten di bidangnya.

Dikatakan Menteri Basuki bahwa ke depan pembangunan infrastruktur masih terus menjadi prioritas, di samping itu juga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terus dilaksanakan oleh Pemerintah, termasuk melalui Politeknik PU. “Kementerian PUPR juga mempunyai tanggung jawab mengembangkan SDM yang kompeten di bidang infrastruktur PUPR,” ujarnya.

Menteri Basuki menegaskan, bahwa Politeknik PU merupakan satu-satunya politeknik di Indonesia yang mempunyai spesialis D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Air, D3 Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan dan D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung.

“Semuanya dididik tenaga berkompeten yang ahli di bidangnya dengan mengedepankan praktik. Porsi pendidikannya lebih banyak di lapangan, dengan alat yang sama apabila anda bekerja di bidang konstruksi. Saya harapkan alat-alat termasuk di laboratorium dan alat-alat praktik sama dengan yang dipakai untuk bekerja di lapangan,” tutur Menteri Basuki.

Terakhir Menteri Basuki berpesan kepada para pengajar, instruktur dan pengurus untuk menegakkan disiplin belajar dalam mendidik mahasiswa agar menjadi kuat yakni kompeten, berani yang berarti berintegritas dan berjiwa seni. “Di kampus ini berdasarkan laporan yang ada juga terdata mahasiswa yang ada hampir dari seluruh daerah di Indonesia, inilah bentuk Indonesia mini. Untuk membentuk karakter Indonesia selain pendidikan teknologi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Direktur Politeknik Pekerjaan Umum menyampaikan “Politeknik Pekerjaan Umum telah bekerjasama dengan Perusahaan konstruksi terkemuka, melakukan banyak seminar ilmiah membahas teknologi pemetaan, teknologi aspal dan beton, teknologi pra cetak, proses perancangan dengan Building Information Modelling dan hal lain terkait dengan metode pelaksanaan dan bahan konstruksi.”

Direktur Politeknik Pekerjaan Umum juga meyampaikan, guna menunjang tercapainya Politeknik yang tangguh dan unggul, Politeknik Pekerjaan Umum sedang dan telah membangun kampus baru dengan fasilitas yang lengkap seluas lebih dari 10 Ha, dengan teknologi Green Campus, dan Smart Campus yang dilengkapi dengan asrama mahasiswa dan dosen.

Nantinya, alumni Politeknik Pekerjaan Umum yang terpercaya baik secara keilmuan, ketrampilan yang membanggakan dan mempunyai karakter yang kuat disamping mempunyai kemapuan bekerjasama dan komunikasi yang baik akan mendukung kemajuan infrastuktur di Indonesia.