Semarang, 28 Maret 2022 –  Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) merupakan teknologi rumah pracetak untuk rumah sederhana tahan gempa yang dihasilkan oleh Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR. Selain itu, teknologi tersebut telah banyak digunakan dalam berbagai program perumahan di Indonesia, maka Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan bekerja sama dengan Politeknik Pekerjaan Umum menyelenggarakan Bimbingan Teknis Teknologi Struktur RISHA. 

Sebagai bentuk transfer knowledge kepada para dosen, laboran, dan mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum serta tenaga teknis para calon aplikator lainnya sehingga para peserta memiliki pemahaman dan pengetahuan teknis tentang teknologi RISHA. “Teknologi RISHA ini diharapkan bisa dikembangkan dan mempertahankan mutu sehingga dengan pelaksanaan bimtek ini bisa mempelajari standard apa yang ditetapkan dalam teknologi RISHA,” ungkap Kepala Subdirektorat Teknologi Dan Peralatan Infrastruktur Cipta Karya, Sugeng Paryanto, S.T., M.T.

Lebih lanjut, Direktur Politeknik PU, Indratmo Soekarno berharap dengan teknologi RISHA ini bisa cepat tersebar dilingkungan Politeknik PU, sehingga dapat cepat digunakan bagi praktik mahasiswa. “Selain itu, produk pracetak memiliki kualitas lebih presisi sehingga menjadi keuntungan dan diterapkan dilingkungan PUPR,” tambah Direktur Politeknik PU, Indratmo Soekarno.

Kegiatan bimtek diikuti sebanyak 35 orang peserta dari lingkungan Politeknik PU dan Pemerintah Daerah Jawa Tengah yang dilaksanakan selama 3 hari mulai 28 Maret hingga 30 Maret 2022 dengan pengajar yang berpengalaman dan kompeten pada bidangnya.

Adapun materi yang akan diberikan antara lain pengenalan teknis teknologi RISHA, pengenalan bahan pembuat panel RISHA, pembuatan panel RISHA, dan quality control panel RISHA.