Semarang, 19 Agustus 2022 – Pada tahun ke-4 Politeknik Pekerjaan Umum terus berkomiten untuk membangun sumber daya manusia dalam rangka pembangunan infrastruktur di kancah global. Dalam sidang terbuka yang dilaksanakan hari ini, Politeknik Pekerjaan Umum menerima 225 mahasiswa yang terbagi menjadi tiga program studi, yaitu teknologi konstruksi bangunan gedung, teknologi konstruksi jalan dan jembatan, serta teknologi konstruksi bangunan air.

Dalam sambutan yang disampaikan Direktur Politeknik PU, Indratmo menyampaikan mahasiswa Politeknik PU memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi generasi penerus pembangunan bangsa Indonesia.

“Saudara/Saudari juga akan digembleng tidak hanya melalui kegiatan kurikuler unik ke-PU-an yang terkemas dalam 117 sks, melainkan Anda juga dituntut untuk aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler (UKM), guna menanamkan jiwa kolaboratif, fighting spirit, dan berjiwa seni pada diri Saudara/Saudari” ucap Direktur Indratmo.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, jumlah pendaftar mencapai 2073 orang yang tersebar di 25 provinsi di Indonesia. Sedangkan kuota penerimaan mahasiswa baru yaitu 225 mahasiswa, menambah sejumlah 75 mahasiswa dari kuota tahun lalu dengan dibangunnya kampus baru Politeknik Pekerjaan Umum yang berlokasi di Jalan Sukarno-Hatta Semarang.

“Saudara sekalian patut bersyukur telah diterima di Politeknik PU dengan tingkat kompetisi 1:10. Bersyukur sebagai mahasiswa minimal dengan selalu mengingat salah satu janji mahasiswa, yaitu menjunjung tinggi nama baik almamater,” kata Menteri Basuki. 

Melalui Politeknik PU, Menteri Basuki berharap Kementerian PUPR dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan berkontribusi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Diharapkan Politeknik PU dapat mencetak banyak engineer muda yang terampil dan mampu bekerja terjun langsung ke lapangan setelah lulus.

“Kita semua harus menjadi petarung yang kuat karena kompeten, berani karena berintegritas, dan berjiwa seni karena mampu berinovasi dan berimprovisasi dalam bekerja,” ujar Menteri Basuki.

Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023 ini turut dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kepala Balai Kementerian PUPR di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, sivitas akademika di Politeknik Pekerjaan Umum, serta seluruh mahasiswa baru.