calon

MAHASISWA

Memberikan Kemudahan Kepada Calon Mahasiswa Untuk Mencari Informasi Terkait Pendaftaran, Fasilitas, Studi Di Politeknik Pekerjaan Umum.

PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU POLITEKNIK PEKERJAAN UMUM DI SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2021/2022

POLITEKNIK PEKERJAAN UMUM mengundang putra dan putri terbaik lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Sederajat untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum Tahun Akademik 2021/2022 dengan ketentuan sebagai berikut :

  • PERSYARATAN
    1. Warga Negara Republik Indonesia (dibuktikan dengan KTP / Akta Kelahiran);
    2. Pria/Wanita;
    3. Peserta Seleksi adalah lulusan SMA/MA (IPA) atau SMK/MA Kejuruan dengan Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti (Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan; Konstruksi Jalan, Irigasi dan Jembatan; Bisnis Konstruksi dan Properti; Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan). Lulusan Tahun 2020 atau 2021;
    4. Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah / Puskesmas, dikeluarkan Tahun 2021;
    5. Surat Keterangan tidak buta warna dari Rumah Sakit Pemerintah / Puskesmas, dikeluarkan Tahun 2021;
    6. Bebas narkoba, dinyatakan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba / NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah, dikeluarkan Tahun 2021 (diserahkan pada saat validasi, apabila sudah dinyatakan lulus seleksi);
    7. Surat Keterangan tidak tuli dari Rumah Sakit Pemerintah / Puskesmas, dikeluarkan Tahun 2021 (diserahkan pada saat validasi, apabila sudah dinyatakan lulus seleksi);
    8. Bagi pria, tidak boleh bertato / bekas tato dan tidak ditindik / bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat dengan disertakan surat keterangan dari ketua adat;
    9. Bagi wanita, tidak boleh bertato / bekas tato dan tidak ditindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik / bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan), kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat dengan disertakan surat keterangan dari ketua adat;
  • PROGRAM STUDI
    1. Politeknik Pekerjaan Umum menerima mahasiswa untuk program studi VOKASI:
      1. D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Air;
      2. D3 Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan;
      3. D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung;
  • TATA CARA PENDAFTARAN
    1. Pendaftaran dilakukan secara online;
    2. Pendaftaran online dimulai tanggal 20 Mei – 18 Juni 2021 dengan cara mengisi formulir pendaftaran di www.politeknikpu.ac.id dan mengunggah berkas administrasi;
    3. Peserta Seleksi hanya mendapat kesempatan mendaftar 1 (satu) kali, berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK);
    4. Peserta Seleksi dapat memilih maksimum 2 program studi;
    5. Peserta mengisi Formulir Pendaftaran Online;
    6. Berkas administrasi yang harus dipersiapkan dan diunggah bagi pendaftar:
      1. Ijazah SMA/MA (IPA) atau SMK/MA Kejuruan atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah bagi yang ijazahnya belum terbit.
      2. Nilai Rapor, Nilai rapor yang diinput disesuaikan dengan mata pelajaran yang dipersyaratkan. Nilai yang diinput untuk kelas 10, 11 dan 12 adalah nilai pada semester 1 dan 2. Adapun nilai yang diinput sebagai berikut:
        1. Matematika : Kelompok A (Umum/Wajib/Muatan Nasional) Nilai Pengetahuan kelas 10, 11 dan 12;
        2. Bahasa Indonesia : Kelompok A (Umum/Wajib/Muatan Nasional) Nilai Pengetahuan kelas 10, 11 dan 12;
        3. Fisika : Kelompok C (Peminatan/Kejuruan), Nilai Pengetahuan kelas 10;
      3. KTP/Akta Kelahiran;
      4. Kartu Keluarga;
      5. Pas Foto terbaru berwarna (Ukuran 4 x 6, latar belakang merah);
      6. Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah / Puskesmas, dikeluarkan Tahun 2021;
      7. Surat Keterangan tidak buta warna dari Rumah Sakit Pemerintah / Puskesmas, dikeluarkan Tahun 2021;
      8. Peserta mengunggah scan berkas administratif (butir a sampai dengan butir g) dalam format PDF (maks. 5 MB) kecuali Rapor (butir b) dan Pas Foto (butir e) dalam format JPG/PNG (maks. 5 MB);
    7. Pendaftaran Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Politeknik Pekerjaan Umum di Semarang Tahun Akademik 2021/2022 tidak dipungut biaya (gratis);
  • TAHAPAN SELEKSI
    1. Seleksi Administratif;
    2. Ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) secara online;
    3. Validasi Data Administrasi bagi yang dinyatakan lulus;
  • SISTEM DAN MATERI SELEKSI
    • Ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dilaksanakan secara online dengan materi ujian sebagai berikut;
      1. Matematika
      2. Fisika
      3. Bahasa Indonesia
      4. Bahasa Inggris
  • PENGUMUMAN KELULUSAN
    • Pengumuman Calon mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum yang dinyatakan lulus seleksi, dapat dilihat pada www.politeknikpu.ac.id pada tanggal 13 Juli 2021 untuk Hasil Seleksi Gelombang I dan tanggal 23 Juli 2021 untuk Hasil Seleksi Gelombang II.
  • LAIN-LAIN
    1. Perkuliahan akan ditempuh selama 6 semester (3 tahun), menggunakan kurikulum yang sesuai SNPT (Standard Nasional Pendidikan Tinggi) ditambah program yang bersifat Link and Match dengan kebutuhan jasa konstruksi (40% teori, 60% praktek) serta didukung oleh tenaga pendidik yang profesional dibidangnya;
    2. Politeknik Pekerjaan Umum menyediakan sarana berupa:
      • Asrama selama 2 semester (1 tahun pertama), berbayar;
      • Lokasi Magang (mata kuliah pada semester 6) yang berada pada proyekproyek Kementerian PUPR/BUMN/Swasta terbaik;
      • Kesempatan mengikuti Sertifikasi Keterampilan (SKT).
    3. Besarnya biaya pendidikan, Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp 6.000.000 (enam juta rupiah) per semester. Bukti pembayaran UKT disampaikan setelah dinyatakan lulus validasi, dan UKT yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun, kecuali yang bersangkutan tidak lolos validasi;
    4. Kelulusan Peserta Seleksi berdasarkan pertimbangan berkas administrasi, nilai rapor dan hasil Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) online;
    5. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan kepada para peserta, keluarga, dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun;
    6. Apabila dikemudian hari diketahui terdapat keterangan yang tidak sesuai dengan persyaratan, maka Panitia Penerimaan Calon Mahasiswa Baru akan menggugurkan kelulusan calon Mahasiswa/Mahasiswi Politeknik Pekerjaan Umum;
    7. Keputusan Panitia Penerimaan Calon Mahasiswa Baru bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat;
    8. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.politeknikpu.ac.id;
    9. Pelayanan informasi terkait pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru dapat dilakukan melalui pesan teks WhatsApp pada hari Senin s.d Jum’at, pukul 08.30 s.d 16.00 WIB:
      • Apabila terkait teknis Sistem Informasi pendaftaran PMB secara online dapat menghubungi nomor 0812 2551 7275;
      • Apabila terkait Administrasi persyaratan PMB dapat menghubungi nomor 0812 2551 7276.