Semarang, 14 November 2021- Untuk mewujudkan insan PUPR yang berintegritas, bekerja cerdas dan inovatif, serta bekerja lebih cepat, lebih baik, profesional, dan memiliki kepedulian, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pelaksanaan Pelatihan Bela Negara bagi Mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum angkatan tahun 2020 & 2021 pada Minggu (14/11).

Dalam tatanan normal baru ini, Pelatihan Bela Negra tetap memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan, dengan cara menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas keseharian. Bela Negara dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik dari pihak yang mengancam keberadaan negara, sedangkan secara non-fisik, Bela Negara dapat diartikan sebagai upaya untuk berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sugiyartanto dalam sambutan mengatakan,”Wujud kesadaran bela negara, merupakan tekad, sikap, perilaku, dan tindakan bela negara yang juga menjadi bagian dari upaya penguatan karakter dan jati diri bangsa, tentunya yang berkepribadian dan berbudaya. Kesadaran Bela Negara juga sebagai salah satu bentuk dari revolusi mental, sekaligus menumbuhkan nilai-nilai kepemimpinan, kedisiplinan, militansi dan cinta tanah air serta siap menghadapi berbagai permasalahan,ā€¯lanjut Sugiyartanto.

Dalam lingkup tugas penyelenggaraan infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat, bentuk bela negara yang dapat diwujudkan, adalah dengan berkarya yang berdedikasi tinggi untuk bangsa dan negara melalui penyelenggaraan infrastruktur PUPR yang andal, bermanfaat dan berkelanjutan.

Namun dalam kehidupan sehari-hari pun praktek bela negara adalah menjadi manusia yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong. Melalui Pelatihan Bela Negara ini juga diharapkan Mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum dapat menjadi bagian dari insan PUPR yang memiliki nilai-nilai integritas, profesional, orientasi misi, visioner dan etika akhlakul-karimah dan nilai-nilai Bela Negara menjadi landasan sikap dan perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari. Pelatihan Bela Negara bagi Mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum ini telah dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 12 November 2021 dan diikuti oleh 280 peserta. Adapun materi yang diberikan diantaranya Latihan Peraturan Baris Berbaris, Peningkatan Motivasi, Pelatihan Beladiri Militer dan Latihan Mountenering. (BPSDM Kementerian PUPR)