Semarang, 23 Agustus 2021 – Penyusunan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk buku monograf diharapkan dapat menunjang akreditasi Politeknik Pekerjaan Umum. Guna memfasilitasi dosen serta laboran, Politeknik Pekerjaan Umum mengadakan Bimbingan Teknis Penyusunan Buku Monograf Berdasarkan Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. “Dengan bimbingan teknis tersebut diharapkan dapat membawa hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman dan bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen” ucap  Indratmo Soekarno, dalam sambutannya. Dengan penelitian yang telah dibukukan merupakan bukti yang kredibel untuk mendukung akreditasi disuatu institusi terlebih telah di HAKI-kan serta menunjang produktivitas dosen Politeknik Pekerjaan Umum.

Kamaludin dari BPSDM Kementerian PUPR menyampaikan buku yang diterbitkan penerbit BPSDM akan tayang di SIMANTU sebagai aset dari BPSDM Kementerian PUPR. Terkait teknis penerbitan buku, buku yang akan diterbitkan diharapkan sudah merupakan cetakan final, sehingga BPSDM hanya membantu dalam proses penerbitannya. Dalam paparan yang disampaikan oleh Ridwan Abdullah Sani menyampaikan bahwa monograf bukan suatu buku yang berseri dimana susunannya hampir sama dengan laporan penelitain dan pengabdian kepada masyarakat. “Perbedaan utamanya pada bahasa pelaporan dimana monograf menggunakan bahasa lebih popular dengan kalimat naratif, serta menggunakan penerbit anggota IKAPI” lanjut Ridwan Abdullah Sani.

Adapun paparan yang disampaikan oleh Sekar Waskito Agung dari Deepublish bahwa buku monograf dapat digunakan untuk transfer pengetahuan dari para dosen kepada mahasiswa untuk mencerdaskan generasi bangsa. Acara bimbingan teknis selama dua hari ini, diakhiri dengan praktek dosen Politeknik Pekerjaan Umum untuk mengubah laporan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat menjadi buku monograf yang dipandu oleh Nurdin Bukit, Muhammad Rizal, dan Aditya.