Jl. Prof. Soedharto, SH - Tembalang, Semarang, JT 50275, ID

SEJARAH

Sejarah Politeknik PU

Pengembangan sumber daya manusia menjadi prioritas pemerintah dalam pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan kinerja dan produktifitas. Semakin meningkatnya investasi kapital dan aset infrastruktur menjadikan Kementerian PUPR memiliki tantangan SDM yang besar untuk menyediakan tenaga kerja terampil dan profesional untuk mendukung industri 4.0. Kementrian PUPR mendirikan Politeknik PU sebagai bentuk tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan pendidikan vokasional yang diharapkan dapat menghasilkan SDM bidang PUPR yang kompeten, professional, berdaya saing tinggi dan siap kerja.

Langkah pembentukan Politeknik PU:

  • Penjajakan awal Kementerian PUPR melalui BPSDM dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Lokasi pembangunan Politeknik PU berada di kota Semarang dan terdiri dari 3 Program Studi:

DIII- Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung

DIII- Teknologi Konstruksi Bangunan Air

DIII- Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan

  • BPSDM melanjutkan proses pembentukan dengan melakukan penyusunan proposal pendirian yang dilengkapi dengan dokumen pendukung, diantaranya studi kelayakan dan rencana strategis Politeknik PU dalam 5 tahun kedepan. Kemudian dokumen proposal diserahkan kepada Kementerian RistekDikti bersama dengan surat pembentukan Politeknik PU yang diserahkan pada akhir November 2018.
  • Tim asesor Ristek Dikti melakukan evaluasi proposal dan visitasi ke kampus Politeknik PU pada tanggal 12 Desember 2018 dan hasil dari visitasi tersebut menyatakan bahwa Politeknik PU telah memenuhi syarat untuk dilaksanakan. Hasil dari evaluasi dan visitasi oleh tim asesor menghasilkan surat perizinan pendirian 283/M/XII/2018 pada tanggal 18 Desember 2018. Persetujuan ini dilengkapi dengan izin pembukaan program studi yang diusulkan melalui Surat Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 1159/KPT/I/2018 tentang izin pembukaan program studi dalam rangka pendirian Politeknik Pekerjaan Umum di Kota Semarang yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR.
  • Berdasarkan izin tersebut, dilanjutkan dengan izin kelembagaan untuk mengesahkan organisasi dan tata kerja Politeknik PU melalui aparatur negara dan reformasi birokrasi yang disetujui dan dilegalkan pada tanggal 7 Februari 2019. Bulan Januari sampai Juni 2019 dilaksanakan persiapan operasionalisasi Politeknik PU yang dilakukan dengan pengangkatan direktur dan wakil direktur Politeknik PUPR yang berasal dari akademisi dan profesional. Rekruitmen awal mahasiswa Politeknik PU diselenggarakan pada April sampai Agustus 2019 dan pelaksanaan perkuliahan pada bulan September 2019.

Politeknik PU dirancang menjadi politeknik unggul dan bertaraf internasional yang mampu mencetak tenaga kerja kontruksi terampil melalui penekanan pada kemampuan praktek 60% dan pengetahuan teori 40%. Diharapkan lulusan Politeknik PU mampu melaksanakan dan mengawasi konstruksi bangunan air, gedung, dan jalan jembatan, melaksanakan operasionalisasi peralatan dan teknologi konstruksi, serta melakukan monev terhadap konstruksi bangunan.