Jl. Prof. Soedharto, SH - Tembalang, Semarang, JT 50275, ID

Rapat Persyaratan Teknis Bangunan Gedung

Semarang, 21 September 2020 – Dalam rangka pembangunan kampus baru Politeknik Pekerjaan Umum, Politeknik Pekerjaan Umum mengadakan rapat internal bersama dengan Wakil Walikota Semarang, Hevearita. Bertempat di Ruang Rapat Kantor Balaikota Semarang Jalan Pemuda, rapat ini dilaksanakan guna membahas tentang persyaratan dalam pembangunan gedung baru Politeknik Pekerjaan Umum diantaranya surat keterangan rencana kota dan ijin mendirikan kampus baru Polilteknik Pekerjaan Umum.

Rapat dimulai dengan pemaparan dari Politeknik Pekerjaan Umum terkait design gedung baru. Adapun hasil rapat ini mengenai persyaratan yang harus dipenuhi agar surat keterangan rencana kota dan ijin mendirikan bangunan dapat terpenuhi. Pemenuhan persyaratan teknis bangunan gedung perlu dilakukan untuk mewujudkan bangunan gedung yang berkualitas sesuai dengan fungsinya, andal, serasi, selaras dengan lingkungannya sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006.  Selain itu, diperlukan surat rekomendasi dalam rangka pembangunan gedung baru Politeknik Pekerjaan Umum diantaranya dari Pemadam Kebakaran, Andalalin, Otoritas Bandar Udara, dan Pangkalan Utama TNI Angkatan Darat (Lanumad). Politeknik Pekerjaan Umum juga diharuskan membuat surat permohonan PJM (penyambungan jalan masuk) dan JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) yang dilampirkan bersamaan dengan persyaratan teknis lainnya.

Selain itu, mengajukan ijin lokasi ke DPMPTSP ( Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dengan dasar pertimbangan teknis pertanahan yang didapatkan dari Badan Pertanahan Nasional. Dalam wilayah kampus baru Politeknik Pekerjaan Umum terdapat petilasan yang pada saat pembangunan nanti diperlukan surat pernyataan tidak keberatan penggeseran Petilasan Siwalan yang ditandatangani oleh kelurahan terkait dan juru kunci. Selanjutnya, akan diadakan pengukuran ulang oleh Balaikota Semarang bersama dengan Politeknik Pekerjaan Umum. Dengan pelaksanaan rapat ini diharapkan pembangunan kampus baru dapat segera terlaksana guna menunjang proses belajar mengajar yang lebih maksimal.