Jl. Prof. Soedharto, SH - Tembalang, Semarang, JT 50275, ID
PROFIL SINGKAT

Profil Politeknik Pekerjaan Umum


Politeknik Pekerjaan Umum merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) rintisan baru di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang dipimpin oleh direktur yang bertanggung jawab kepada Menteri PUPR melalui Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). Politeknik Pekerjaan Umum merupakan salah satu bentuk terobosan Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan dunia industri terhadap tenaga konstruksi terampil, dalam menghadapi tantangan global dan tantangan nasional pembangunan infrastruktur ke PU-an.

Pada awal pembentukan ini, Politeknik Pekerjaan Umum fokus pada jurusan teknik sipil dan dirancang memiliki tiga (3) program studi diantaranya:

  1. Teknologi Konstruksi Bangunan Air,
  2. Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung dan
  3. Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan

Seluruh proses pembelajaran dilakukan di kampus Politeknik Pekerjaan Umum, Jl. Prof. Soedharto, SH-Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Praktikum laboratorium selain dilaksanakan di kampus Semarang, juga akan dilakukan di beberapa laboratorium milik Kementerian PUPR yang ada di Bandung. Sedangkan praktek lapangan akan dilakukan di lokasi-lokasi proyek infrastruktur Kementerian PUPR.

Lokasi Kampus

Di Semarang, Anda dapat dengan bebas memilih jenis transportasi untuk sampai ke kampus Politeknik PU. Transportasi umum di Semarang mudah diakses. Perjalanan dari Bandara Ahmad Yani ke Politeknik PU hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan mobil atau taksi. Selain itu, temukan juga angkutan umum alternatif mulai dari bus kota, ojek online, dan persewaan sepeda motor di sekitar Semarang