Jl. Prof. Soedharto, SH - Tembalang, Semarang, JT 50275, ID

Politeknik PU Peduli Masyarakat Terdampak COVID-19

Seiring dengan merebaknya pandemi Covid-19, banyak masyarakat pekerja harian yang menggantungkan hidupnya dari pekerjaan menjadi terganggu. Keluarga besar Kementerian PUPR bersama dengan Dharma Wanita Persatuan, Korpri, dan OASE Kabinet Indonesia Maju secara serentak menyalurkan 56.125 kantung bantuan sosial dalam rangka kegiatan PUPR Peduli Masyarakat Terdampak COVID-19 pada Kamis, 30 April 2020. Penyaluran dilakukan serentak di kantor pusat dan balai/ kantor Kementerian PUPR di 34 Provinsi, dari Aceh sampai Papua. Bantuan yang disalurkan dalam bentuk bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula, mie instan dan kornet, senilai Rp. 150.000-200.000 per kantung. Bantuan dengan nilai total sekitar Rp. 10 miliar ini berasal dari dana non-APBN, yakni donasi pribadi yang bersifat sukarela.

Melihat kondisi Jawa Tengah, tepatnya di Semarang yang merupakan zona merah akibat wabah virus Corona, Politeknik Pekerjaan Umum ikut serta dalam penyaluran bantuan sosial berupa sembako yang dilakukan secara serentak dengan kantor Kementerian PUPR lainnya, pada tanggal 30 April 2020, selepas dari komando kantor pusat yang diresmikan oleh Bapak Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). Pembagian sembako ini merupakan hasil pengumpulan dana yang diperoleh dari donasi sukarela pegawai dan karyawan di Politeknik PU, hingga terkumpul senilai Rp. 9.650.000. Pembagian bantuan dimulai dari 11 Mahasiswa Politeknik PU yang tidak bisa pulang kampung dan tetap tinggal di asrama, dan diserahkan oleh Ir. Danang Atmodjo, M.T. selaku Wakil Direktur III, selanjutnya mendistribusikan pembagian sembako kepada masyarakat yang tepat sasaran. Adapun sebanyak 39 bingkisan telah tersalurkan kepada masyarakat di sekitar wilayah Tembalang-Banyumanik.

Kegiatan penyaluran bantuan ini merupakan wujud gotong royong dan solidaritas untuk meringankan beban warga kurang mampu yang terkena dampak Pandemi COVID-19.