Jl. Prof. Soedharto, SH - Tembalang, Semarang, JT 50275, ID

Penyelenggaraan Seminar Online Pembuatan Beton, Tingkatkan Pengetahuan Mahasiswa dan Masyarakat akan Dunia Infrastruktur

Semarang, 24 Juli 2020 – Dalam rangka memberikan pengetahuan akan dunia infrastruktur khususnya beton kepada mahasiswa maupun masyarakat umum, Politeknik Pekerjaan Umum (PU) bekerja sama dengan PT Wika Beton menyelenggarakan seminar online dengan tema Pembuatan Beton. Diselenggarakan via daring, webinar ini mengundang dua pembicara yaitu Suswandi Pandji dan IGB Hari Agus Aditia.

Pengantar yang disampaikan Bapak Gatut Santoso selaku Managemen WIKA, bahwa sebagai anak usaha dari wijaya karya, wika beton dalam perkembangannya untuk menjadi precast lainnya. Wika beton juga masuk di unit usaha SHMS (structure head mntoirng system) yaitu terkait kesehatan konstruksi bangunan. Sebagai perusahaan yang telah lama berkecimpung di dunia infrastruktur, Wika Beton menyampaikan materi yang lengkap terkait perancangan dan pelaksanaan campuran beton dan tahapan pembuatan beton.

Paparan yang disampaikan oleh Suswandi Pandji selaku staf ahli direksi bidang beton tentang penanganan untuk mendapat capuran yang optimal, secara singkat sebuah beton merupakan bahan yang terbentuk dari bahan pengisi yang diikat oleh pasta semen yang mengeras, dimana bahan pengisi terdiri dari agregat kasar dan agregat halus, serta bahan pengikat yang terdiri dari semen, air, dan bahan tambahan. Pembuatan beton yang baik akan terlihat dari keawetan beton, ekonomis, dan kuat tekan, dimana untuk mencapai beton yang baik terdiri dari campuran material yang tepat, mutu material yang baik, dan system penampuran pengecoran pemadatan perawatan yang baik. Dilengkapi oleh Hari Agus selaku manager standarisasi, menyampaikan lebih lanjut terkait proses pembuatan beton yang terdiri dari: penimbangan dan pengadukan; transportasi adukan; penuangan/pengecoran; pemadatan; dan perawatan beton.