Jl. Prof. Soedharto, SH - Tembalang, Semarang, JT 50275, ID

Kebijakan Mutu Politeknik Pekerjaan Umum Tingkatkan Kinerja Institusi

Semarang, 25 September 2020 – Politeknik Pekerjaan Umum menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu dalam rangka Penyusunan SOP Politeknik Pekerjaan Umum. Acara ini mengundang pembicara dari tim konsultan diantaranya Martinus Tukiran dan Nugraheni Puspita Sari dan dihadiri oleh perwakilan dari setiap unit kerja dibawah Politeknik Pekerjaan Umum. Diadakan di ruang kelas Politeknik Pekerjaan Umum, penyelenggaraan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja institusi sebagai perguruan tinggi vokasi rintisan baru.

Sasaran dari penyelenggaraan workshop ini adalah untuk memahami konsep Policy management dan activity management (PM-AM), memahami konsep cascading PM-AM, menyusun educational organization policy, menyusun educational organization objectives, dan memberikan wawasan untuk mengintegrasikan PM-AM dalam SPMI Politeknik Pekerjaan Umum. Konsep policy management adalah rangkaian visi-misi, strategi, dan dokumen renstra yang kemudian menjadi landasan dalam pelaksanaan kegiatan, sesuai yang disampaikan oleh Martinus Tukiran dalam paparannya. Sedangkan activity management adalah rangkaian kegiatan baik yang berulang seperti norma, standard prosedur, dan kriteria maupun kegiatan insidental seperti pengembangan program yang dilaksanakan berdasarkan renstra.  Paparan yang disampaikan oleh Martinus Tukiran ditutup dengan diskusi penyusunan peta strategi Politeknik Pekerjaan Umum.

 

Nugraheni Puspita Sari dalam paparannya menyampaikan mengenai cascading process. Terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam cascading, diantaranya sasaran outcome di level Politeknik Pekerjaan Umum harus menjadi sasaran outcome dilevel satuan dibawahnya dimana sasaran tersebut akan diukur dengan Key Performance Indicator (KPI). Namun, KPI hanya dapat digunakan pada satu sasaran tertentu, sehingga jika satu sasaran yang mempunyai lebih dari tiga KPI sebaiknya dipecah menjadi beberapa sasaran. Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari seluruh unit organisasi di Politeknik Pekerjaan Umum ini ditutup dengan menentukan cascading peta strategi unit kerja.