Jl. Prof. Soedharto, SH - Tembalang, Semarang, JT 50275, ID

Politeknik Pekerjaan Umum

MENCETAK TENAGA TERAMPIL DAN PROFESIONAL

Politeknik Negeri Pekerjaan Umum merupakan Perguruan Tingi Negeri (PTN) rintisan baru di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan dipimpin oleh Direktur yang bertanggung jawab kepada Menteri PUPR melalui kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). Politeknik PU merupakan salah satu bentuk terobosan Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan dunia industri terhadap tenaga konstruksi terampil, dalam menghadapi tantangan global dan tantangan nasional pembangunan infrastruktur ke-PUan.

Pada awal pembentukan ini, Politeknik PU focus pada jurusan Teknik sipil dan dirancang memiliki tiga (3) program studi diantaranya 1) program studi teknologi konstruksi bangunan air, 2) program studi teknologi konstruksi bangunan Gedung dan 3) program studi teknologi konstruksi jalan dan jembatan. Seluruh proses pembelajaran akan dilakukan di kampus Politeknik PU, Jl. Prof. Soedharto, SH Tembalang, Semarang Jawa Tengah. Praktikum laboratorium selain akan dilaksanakan di kampus Semarang, juga akan dilakukan di beberapa laboratorium milik Kementerian PU yang ada di Bandung. Sedangkan praktek lapangan akan dilakukan di lokasi-lokasi proyek infrastruktur Kementerian PUPR.

Tujuan Politeknik Pekerjaan Umum

Menghasilkan lulusan ahli madya bidang ke-PU-an yang kompeten dan siap kerja

Menghasilkan penelitian yang relevan dengan perkembangan teknologi konstruksi dan bermanfaat bagi pembangunan ilmu dan kesejahteraan masyarakat dalam bidang ke-PU-an

Menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat dan berdaya guna

Mewujudkan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait untuk menunjang pendidikan, pembelajaran dan pengembangan politeknik PU

Mewujudkan tata kelola institusi yang akuntabel dan transparan

Sasaran Politeknik Pekerjaan Umum

  1. Sasaran Strategis untuk Tujuan “Menghasilkan lulusan tenaga terampil bidang ke-PU-an yang kompeten dan siap kerja”:
    1. Terwujudnya peningkatan mutu dan kuantitas SDM yang kompeten siap kerja
    2. Terwujudnya sarana prasarana yang optimal dan memenuhi standar mutu, serta sistem informasi yang valid, terintegrasi dan lengkap guna memenuhi kebutuhan layanan dan peningkatan kompetensi mahasiswa.
    3. Terwujudnya suasana akademik yang kondusif untuk mencapai program studi yang unggul menghasilkan lulusan yang berdaya saing.
    4. Terbentuknya pusat unggulan pengembangan teknologi konstruksi untuk sarana pembelajaran berbasis industri untuk membentuk SDM yang siap kerja.
  2. Sasaran Strategis untuk Tujuan “Menghasilkan penelitian yang relevan dengan perkembangan teknologi konstruksi dan bermanfaat bagi pembangunan ilmu dan kesejahteraan masyarakat dalam bidang ke-PU-an”:
    1. Tercapainya peningkatan mutu, kuantitas, dan relevansi penelitian.
    2. Tercapainya kualitas penelitian yang inovatif dan langsung dapat diterapkan.
    3. Terciptanya pelaksanaan kegiatan penelitian kepada masyarakat yang lebih transparan dan akuntabel
  3. Sasaran Strategis untuk Tujuan “Menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat dan berdaya guna”:
    1. Tercapainya peningkatan mutu, kuantitas, dan relevansi pengabdian kepada masyarakat.
    2. Terciptanya pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang lebih transparan dan akuntabel
    3. Terciptanya peningkatan mutu dan relevansi kegiatan kemahasiswaan yang menunjang kompetensi dan daya serap masyarakat
  4. Sasaran Strategis untuk Tujuan “Mewujudkan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait untuk menunjang pendidikan, pembelajaran dan pengembangan politeknik PU”:
    1. Tercapainya peningkatan jejaring kerjasama dalam negeri bidang tri dharma perguruan tinggi dengan berbagai stakeholder.
    2. Tercapainya peningkatan jejaring kerjasama luar negeri bidang tri dharma perguruan tinggi.
  5. Sasaran Strategis untuk Tujuan “Mewujudkan tata kelola institusi yang akuntabel dan transparan”:
    1. Terwujudnya peningkatan mutu dan efektifitas pengelolaan manajemen institusi yang transparan dan akuntabel sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Lokasi Kampus

Di Semarang, Anda dapat dengan bebas memilih jenis transportasi untuk sampai ke kampus Politeknik PU. Transportasi umum di Semarang mudah diakses. Perjalanan dari Bandara Ahmad Yani ke Politeknik PU hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan mobil atau taksi. Selain itu, temukan juga angkutan umum alternatif mulai dari bus kota, ojek online, dan persewaan sepeda motor di sekitar Semarang